Oleh: Maman Electro | April11,2010

CRT RESTORER UNTUK MENGUKUR/CHARGE TABUNG CRT TV


Rangkaian CRT RESTORER disini berguna untuk memghilangkan kebocoran yang terjadi atara katoda katoda RGB terhadap grid G1,selain itu,bisa juga dipakai mengukur tabung CRT. Jika terjadi kebocoran antara katoda katoda dengan RGB maka kurang sala satu warna atau lebik warna akan terlihat lebih domain terhadap yang lain,dan warna yang lain akan terlihat sangat lemah/redup,dapat anda ukur tegangan ketiga warna primer tersebut pada posisi TV hidup,yaitu warna yang redup akan terukur lebih renda terhadap warna yang lain. Ini diakibatkan adanya partikel-partikel sangat kecil yang menghambat, lalu elektron dari ketiga elektron Gun CRT.
Cara kerja rangkaian ini adalah memberikan tegangan tinggi negatif sesaat kepada RGB terhadap Grid.1,prnses ini mensaratkan kondisi CRT masi panas setelah heater diaktif kan sebelumnya,agar loncatan elektro menjadi mudah. Konfigurasi rangkaian ini adalah menggunakan saklar DPDT 4 posisi yang harus dimodifikasi dahulu menjadi saklar tekan (tidak mengunci) dengan maksud.

Susunan skemanya lihat gambar dibawa ini;

pada saat saklar tidak ditekan, dioda penyearah mengisi elko 2,2uf/350, katoda dan G1 menuju kebagian rangkaian Vu meter, dan tegangan dari trafo 1amp langsung menuju keheater untuk memanaskan ketika saat saklar ditekan, elko akan terlepasdari jalur dioda dan akan menghabiskan isinya ke kaki G1.
sementara kaki katoda menuju jalur negatif 300v memberi tegangan sesaat yang tersimpang dalam elko senentara itu tegangan heater dari trafo secara otomatis terputus. Penthng untuk di ingat bahwa selama peroses pengisian tegangan katoda, tegangbn heater, harus putus pembuatan alat ini harus diletakan pada box plastik agar menghindari terkena strum, gunakan kaki kaki socket RGB bekas untuk membuat soket tusukan sebanyak 4 buah, jangan gunakan kabel yang terlaku kecil, untuk membuat pegangan tusukan, gunakan plastik sedotan dari air minum mineral (AQUA). Potnng sepanjang 3 cm, lalu masukkan kabel-kabelnya kedalam sedotan yang telah dipotong tadi,dan selanjutnya solderkan kaki bekas socket RGB, dorong kembali kaki soket RGB kedalam sedotan dengan maksud sebagai isolator sekaligus pegangan.

Cara penggunaanya sebagai berikut;

1.Masukan dua buah kabel colokan heater.
2.Masukka colokan G1 ke pin G1 di CRT.
3.Masukkan kaki colokan katoda ke salah satu kaki CRT yang diduga lemah/rusak.
4.Nyalakan alat ini dan tunggu hingga heater menyala untuk memanas kan dahulu.
5.Tekan saklar DPDT sekilas anda, perhatikan ada loncatan api didalam CRT itu ga’ masala, itu adalah proses pembersihan kaki-kaki katoda,ulangi lagi sampai tidak ada loncatan api yang terlihat.
7.Kalau masi belum normal naikkan lagi tegangan heater dengan saklar pemili (6v-7,5v-9v) untuk lebih memanaskan heater, harus di coba pada posisi tegangan terenda dulu, baru kemudian naikkan kalau masi belum normal. Sebagai patokan seberapa besar simpangan meter yang normal dapat anda coba pada CRT yang masi bagus untuk di ukur tanpa me lakukan pen-Charge-an,tandai levelnya.

Catatan;
Untuk para pemula saya tidak menyarankan bagi anda yang baru mengenal servis TV…
Kecuali jika menang anda suda tau betul pin-pin pada tabung CRT TV.

Selamat mencoba…

About these ads

Responses

  1. mlm bang maman,kmrin aku tnya tv sharp skrg dah jd bang, mang ada kejangalan pd regulator,kemarin aku download skema diblog bang maman, teryata sama.dan ada bbrp resistor salah nilaiy,krn sblmy tv masuk bengkel lain. makasih yo bang skema tv sharpy, sukses bwt bang maman. salam dr solo.yudi

  2. untuk pc123 dh tk ganti bang,gk ada perubahan. ok bang mksh ya atas prhatiane biar q cek lg teganane nti sukses slalu untuk bang maman, salam dr solo jateng

  3. Tanya
    mlm bang maman slm kenal bang dr yudi dr solo, sblmy q ucapkn bnyk trima ksh ats prhatiany kmrin.mau nanya lg bang,tv sharpQvision dgan tegangan bermsalah.dr 130 ke 200, balik lg ke130 ke 200 bgtu strsy,,dn led indkator seiram dgan tegangan trsbt,jika led merah teg 130 dn 200 led hjau.tnp driver. dh lkukan prgantian str6753,se130,2 elco di regulator,dan elco smw arus.,jk drive dpasang pnsy gk normal oper,gmbr ok,swara ok,milar dh gnti, yoke pkai digetec krn tv msuk yoke gk ada. mhon bntuany bang dn aku upkn bnyk trima ksh.

    Jawab

  4. Coba cek komponen/tegangan driver horiszontal normal apa ga’ periksa juga komponen di bagian Optocoupler…

By: Shaga Triphyta Sharie on November22,2011
at 9:42 pm

Balas

  • Tanya
    bang mo nanya bang saya punya tv sanyo. Kalo di hidupkan cuman keluar garis horisontal. Ic vertikal sudah saya chek. Kira2 apaxa bang.?

    Jawab

  • Coba cek tegangan IC Vertikal apakah normal atau tidak, kalau normal, cek atau solder ulang kaki IC Oscilator biasanya soderan retak/kendor dan periksa komponen yang berhubungan dari Vertikal out dari IC Oscilator, kalau tetap sama bisa di pastikan bahwa IC Oscilator yang kalah.
  • By: achqusyairi on September3,2011
    at 2:38 pm

    Balas

  • mantab..

    By: Hendra Elektro on Juli17,2011
    at 6:40 pm

    Balas

  • salam kenal..
    saya ingin tanya :
    - TV SHARP 21″ PICOLLO gambar gelap power,standbay,respon semua…apa yang harus saya perbaiki
    trim”s kasih atas informasinya lebih lanjut

    By: thotok on Maret22,2011
    at 9:57 pm

    Balas

  • Tanya
    Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Saya punya CRT TV rusak 12 pin. Saya ingin menggantinya dengan tabung CRT monitor dengan 9 pin. Saya mau nanya, apa bisa?. Kalau memang bisa, gimana caranya. Apa ngak bermasalah kalau saya langsung menghubungkan pin yang berkaitan pada CRT monitor dengan papan croma pada TV, misalnya heater croma disambung ke pin CRT monitor begitu pula yang lainnya seperti green, screen etc.

    Thank so much ya
    ^_’

    Jawab

  • Waalaikum mussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Bisa, tapi harus kita cocokan dulu pin-pinya, seperti heater kita sambungkan ke heater, G2 ke G2, KR ke KR, KG ke KG, KB ke KB, G1 ke G1. lihat saja PCB CRT monitor yang anda mau pakai, biasanya di situ tertulis susunan pin-nya

  • By: F41-11402198815L4m on Agustus17,2010
    at 3:26 pm

    Balas

  • Tanya
    Sorry pak ada yang lupa, kalu buang muatan dlm flyback gimana ya yang aman. kop flyback dilepas dulu atau gimana?

    Jawab

  • Mungki maksud anda untuk membuang sisa tegangan flyback yang ada di tabung TV, kalau meman demikian yang jelasya kita buka karet kop flyback lalu kita colokkan kabel ground dari tabung ke lubang kop yang ada di atas tabung, awas hati-hati tegangan tinggi
  • By: ratno on Juli3,2010
    at 1:56 am

    Balas

  • Tanya
    Salam dari jakarta pak maman, oh iya saya kan baru belajar otodidak klu ngukur tegangan output flyback gimana caranya, terus pak maman khan suka nulis tegangan B+ itu yang mana ya? terima kasih.

    Jawab

  • Kalau cara megukur tegangan silahkan klik aja di sini.
    Kalau untuk tegangan B+ itu adalah tegangan yang menjalankan flyback jadi tegangan ini harus ada.
  • By: ratno on Juli3,2010
    at 1:52 am

    Balas

  • Hmm.. Sungguh bermanfaat bagiku..

    By: Adit lessai on Juli1,2010
    at 3:03 pm

    Balas

  • Tanya
    1. saya punya tv sanken gambar ngak keluar tapi suara bagus gimana bang solusinnya?

    2. terus ada lagi merk sanyo masalah sama dengan no.1 tapi kalau pengatur flybak sy putar keluar garis putih mendatar, tolong dong solusinnya gimana? bagian bagian tv seperti mengukur tegangan itu mana aja, kalu ada sertain fotonya biar jelas soalnya baru belajar gitu bang. thanx semoga blog ini tambah sukses dan banyak pengemarnya.

    Jawab

  • Coba ukur tegangan-tegangan yang keluar dari flyback, terutama tegangan penguat Vidio dan tegangan fokus apaka normal atau tidak, dan cek juga komponen yang ada di bagian penguat Vidio, kalau semu dalam keadaan bagus kemungkinan flyback yang rusak.
  • By: ratno on Juni30,2010
    at 10:04 pm

    Balas

  • Tanya
    pak minta bantuanya nih ,saya pnya tv sharp type 20 L2 21 inch .Pertama di colokin lampu stand by nyala merah trus trus di nyalain lampu hijonya nyala sebentar trus mati lagi jadi merah,udah sayay ganti transistornya dan ic masih kayak gitu .minta solusinya ya pak ,sblumnya makasih bnyak

    Jawab

  • kemungkinan hilangnya tegangan 3,3 volt di regulator cek di power supply
  • By: boy on Juni26,2010
    at 8:18 pm

    Balas

  • Tanya
    tv sony aku gambarnya redup setelah cek tegangan soket crt tabung normal.kalo dinyalakan sangat lama baru gambarnya bisa muncul mungkinkah itu pengaruh tabung tv juga?

    Jawab

  • Itu bukan pengaru tabung tapi pengaru flyback. kerusakan seperti itu bisa dipastikan bahwa flyback yang rusak silahkan ganti flyback.
  • By: enal on Juni16,2010
    at 7:17 pm

    Balas


    Tinggalkan Balasan

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Kategori

    Lencana Profil

    Maman Servis

    Buat Lencana Anda

    DATA POST

    Data Post

    1.All post

    Tulisan Teratas

    Klik tertinggi

    Arsip

    Komentar terakhir

    Mamang Kuraya on Kerusakan TV dan cara mem…
    Yahmin Uchiha on Kerusakan TV DIGITEC bagian…
    Momo Ckp on kerusakan TV SHARP dan PA…
    imamb43 on Cara instalasi pemasangan PCB…
    DaNy Aseven on Cara mengukur tegagan pada bag…

    Tukeran Link

    Tukeran Link Yuk...!!!

    Tukeran link disini yuk...
    Blog ini free banget dech... Yach sekedar untuk saring dan berbagi info...

    Saya berharap banget kita bisa saling tukeran link website kalian di blog ini...

    Ayo buruan, jangan sungkan untuk memasukkan link kamu disini...

    Caranya muda cukup klik gambar di bawa lalu masukannama dan link URL blog milik kamukemudian klik entermaka secara otoumatis link blog URL milik kamu terpasang di blog ini

    DaftarLinkTeman

    Link exchange

    Jika anda pengen memasang banner saya di blog anda silahkan copy paste kode di bawa ini

    Maman Electro.

    Maman Electro.

    Penilaian blog

    Translate

    Englis

    Korea

    Francis

    German

    Jepan

    China

    BANNER

    Blog Stats

    • 1,006,816 Pegunjung
    Pengunjung harap isi buku tamu di sini

    Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Bergabunglah dengan 127 pengikut lainnya.

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 127 pengikut lainnya.