Oleh: Maman Electro | Juli11,2010

Cara instalasi pemasangan PCB TV merek WCOM 14″-21″


Langka-langka yang harus kita kita lakukan adalah:

1.Pemasangan kabel defleksi yoke:

  • Ukur terlebih dahulu resistansi defleksi yoke, apabila resistansi di bawah 1.5 ohm, hendaknya anda memodifikasi resistansi hingga 1.8~2.0 ohm, atau mengganti defleksi yoke bila meman diperkukan.
  • Hubungkan kabel warna merah dan biru ke bagian horizontal (1.8~2 ohm
  • Hubungkan kabel warna hijau dan kuning atau biasa juga warna hitam dan putih ke bagian vertikal (10~15 ohm).
  • Pasang konektor defleksi yoke pada konektor yang suda tersedia di PCB Chassis TV.
  • 2.Hubungkan kabel ground dari tabung ke pin yang terletak di PCB socket CRT. Pastikan kabel ground terhubung dengan bail. Apabila tidak, maka akan mengakibatkan kerusakan pada IC Progrm…!!!

    3.Hubungkan kop plyback ke tabung CRT dengan baik, sebab jikalau sampai bocor dapat berbahaya karena tegangan yang sangat tinggi dari plyback.

    4.Hubungkan Kabel antena dengan benar kekonektor Tuner.

    5.Hubungkan power switch ke PCB Chassis TV, dan nyalakan TV

    6.Pada waktu anda melepaskan semua koneksi dari PCB ke tabung TV (CRT) Setelah pemasangan atau tes SISA TEGANGAN dari plyback transformer harus di buang terlebih dahulu ke ground tabung TV atau ke ground tanah/bumi. Apabilah anda membuang/meganalisir sisa tegangn flyback kebagian mesin manapun, maka PCB Chassis TV akan mengakami kerusakan baik kerusakan di IC Program, IC gambar,Tuner atau bagian regulator (teganngan tinggi TV)

    Petunjuk untuk mengatasi kekurangan dan kelebihan batas gambar horizontal (kiri dan kanan)

    1.Apabilah gambar kurang lebar atau terlalu lebar, gunakan pilihan horizontal yang terletak di sebela Flyback (ada 5 pilihan horizontal). Apabila PCB Chassis TV di lengkapi dengan fasilitas PIN CUSHI0N, setel trimpot resistor untuk menamba atau mengurangi kelebaran gambar dan mengatur kelengkungan gambar bila di perlukan.

    2.Apabila gambar masih kurang lebar, ganti C441 dengan nilai yang lebih kecil secara bertahap. Nilai asli C441= 390n/400v anda dapat mencoba mengantinya dengan nilai 350n, 300n, 290n, 250n atau 200n/400 volt

    3.Apabila gambar masi terlalu lebar, ganti C441 dengan nilai yang lebih besar secara bertahap. Nilai asli C441= 390n/400v. Anda dapat mencoba mengantinya dengan nilai 420n, 450n atau 460n/400v
    PERHATIAN: Perubahan C441 harus dilakukan secara seksama dan hati-hati untuk menghindari kelebihan panas yamg dapat memgakibatkan kerusakan pada bagian horizontal PCB Chassis TV.

    4.Sesudah menganti C441 sebaiknya anda melakukan observasi secara terus menerus pada suhu aluminium pendingin bagian horizontal. Pastikan suhu aluminium pendingin tidak terlalu panas dan batas kenaikan suhu tidak terlalu tinggi.

    petunju solusi untuk beberapa masalah teknis:

    1.Apabila kabel defleksi yoke terpasang secdra terbalik, maka komponen IC LA 78040, V551 dan R550 mungkin akan mengalami kerusakan: Cek dan ganti jika perlu.

    2.Apabila V513 terbakar, Cek dan ganti bila di perlukan untuk komponen sebagai berikut: V512 C3807, R510 3.3ohm/2watt, R517, R560, VD514, IN 4148, V511 TR 1015, VD519 7.5 volt.

    3.Apabila tidak ada gambar, dan hanya terdapat garis horizontal tebal dengan warna menyala putih kehijau hijauan dilayar, Cek dan ganti bila perlu untuk IC LA 76818 atau IC Program LC 86332X.

    Petunjuk untuk membuka FACTORY SETTING:

    1.Tekan tombol V- sampai volume 0.

    2.Selai menekan tombol produk pada remot. Tekan Menu 1x, pada saat Gambar atau Picture Menu OSD tampil tekan 6568 pada remot secara berurutan.

    3.Untuk merubah LOGO, pada saat PECTORY di layar, tekan dan tahan tombol P.P/PICTURE (pada remot) kurang lebih 7 detik sampai tampilan LOGO muncul dilayar. Gunakan tombol P+/POS+, P-/POS-, V+/VOL+, V-/VOL- untuk navigasi dan merubah huruf LOGO. Gunakan tombol PICTURE untuk memili posisi huruf LOGO yang ingin dirubah.

    4.Setelah selesai, tekan tombol SLEEP untuk pindah ke sub-menu berikutnya B/W BALANCE.

    5.Pada saat tampilan B/W BALANCE di layar, gunakan POS+, POS-, VOL+ dan VOL- untuk navigasi.

    6.Setelah selesai, tekan tombol SLEEP untuk pinda ke sub-menu berikutnya “ADJUST MENU 00” untuk dapat masuk ke ADJUST MENU 3-13, SETUP SELECT di ADJUST MENU 2 harus dirubah ke 1terlebih dahulu. Gunakan P+/POS+, P-/POS-, V+/VOL+, V-/VOL- dan V-/VOL- untuk navigasi dan merubah nilai setting.

    7.Setelah selesai tekan RECALL 1x untuk menutup DATA SERVICE


    Tanggapan

    1. Mestinya gk prl mmtar konde.. cukup pindahkn posisi kable yoke tuk vrtikalnya. Biasanya wrn hijau dgn kuning tinggl balik aja.

    2. Salam kenal mas,sy Sdang mmperbaik mesin tv wcom IC1. Layar cuma 1 garis melintang mendatar. Vcc +24v nya normal. Sy ganti IC Vertikal outnya tetap aja. Apa skarang masalahnya itu ya mas? Tolong dibantu ya mas. Maksi sblumya.

    3. sy jg pnya prtnyaan sama dgn saudara mhmd Ridwan Fa..

      sy bru bli mesin tv merk wcom tp pas dipsng gmbr & tulisan terbalik,untk gmbr sdh sy siasati dgn memutar konde,betulkah lngkh sy? tp untuk tulisannya yg terbalik bgaimna? trima kasih atas jawabannya..salam

    4. lam knl dri saya riedo. saya bru gnti msin tv wincom tpi gmbarnya terbalik dan hurufnya jg terbalik apanya yg slah tu bg?

      satu lg, tv samsung suaranya ada tpi gmbar ga ada, bgitu dinyalakn menunggu sekitar 1 jam bru ada gmbar, apa yg salah tu bg? trim’s

    5. bang klo tr horizontal panas skali apa yg hrs di ganti bang…sy sudah coba gnti c441nya tp msh tetap sama tv hanya bisa bertahan 10mnit saja,sy pake modul tv cina tabung 30 inci,apa modulnya ga kuat buat tabung 30inc,gambar sudah bisa ful, di tnggu jawabanya bang….trims..

    6. Tanya
      bang klo untuk menangani msalah over hit pada tr horisontal gimnana bang..?sy sdah coba gnti c441 tp msh ttp,jd tv hanya mampu bertahan slama 10mnt saja…modul tv cina mrk winsonic tabung 30”polytron minimax mohon bantuanya bang…

      Jawab

    7. Apakah anda memakai PCB ukuran 30″ kalau meman anda memakai ukuran 30″ silakan adjust tegangan B+nya kalau punya tripot, dan C441 jangan dulu diganti, bila tampilan layar ga’ penu silahkan dulu masuk kemenu servi untuk mengatur V Size dll setelah diadjust tetap tampilan layar ga’ penuh baru di ganti C441 secara bertahap,
      Catatan:sebelum meruba prameter pabrik terlebih dahulu anda mencatatnya.

    By: jcomp78 on Oktober13,2010
    at 11:46 am

    Balas

  • kalau masang mesin tv ke monitor crt

  • Tanya
    mohon bantuannya bang!aku sudah ganti mesin sony trinitron dengan mesin cina.tapi gambarnya kok melengkung kedalam dari sisi kanan kiri.apanya yang harus saya rubah,soalnya tidak ada trimpotnya.

    Jawab

  • yang perlu anda rubah adalah yoke (kondek) yaitu gulungan vertikal (kawat kecil bukan kawat besar)
  • By: enal on September8,2010
    at 5:32 am

    Balas

  • Tanya
    mas bagaimana mengatasi gambar yg tidak full atas bawah (pada tv flat) saat mengganti chasis.sudah di adjust hasilonya tetap sama

    Jawab

  • Kalau uda di adjust di menu mode servis tetap aja sama silahkan ganti kramik C441 dengan nilai yang lebi kecil secara bertahap
  • By: moe on Agustus10,2010
    at 3:20 pm

    Balas

  • mau tanya bang kalau tv bunyi cit cit tegangan naik turun dari apanya yah ,apakah dari flybacknya soalnya dulu perna rusak dan dimodifikasi pake flyback lain ?

    By: xomar on Agustus4,2010
    at 10:29 am

    Balas

  • Tanya
    mas maunanya cara pemasangan mesin tv wcom pada tabung crt slim agar gambar full

    Jawab

  • Kalau untuk melebrkan ada disitu 5 pilihan horisontalnya di dekat flyback, Apa bila masi kurang lebar silahkan masuk ke menu faktori setting di Adjust menu 0,
    Caranya muda tinggal tekan tombol produk disitu ada lubang kecil diremot silahkan tekan 3x maka akan tampik Adjus menu 0
    di situ ada
    H.pase,
    V.size,
    V.line,
    V.position,
    V.sc,
    NT.H.phase,
    NT.V.size,
    NT.V.line,
    NT.V.posi
    NT.V.sc.
    Sebelum diuba catat dulu nilai standarnya sebab nantinya kalau diadjus tidak mau lebar (full) langka selanjutnya silahkan ganti C441 dengan nilai yang lebi kecil, yang lebi jelasnya baca saja postingan di atas.
    Selamat mencoba…
  • By: ary on Agustus1,2010
    at 9:10 am

    Balas

  • Tanya
    Please bantu..,
    bang aku mencoba betulin modul tv secara melepaskan modul pcb crt ke tabung crt :
    1. Tolong pencerahan kaki Flyback atau transistor yg
    mana yang dilepas agar bisa di cek tanpa harus
    berurusan dengan tegangan Tinggi dari Flyback
    2. Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    Jawab

  • putuskan saja tegangan B+ ke flyback atau buka transistor horizontal
  • By: tehmie on Juli27,2010
    at 2:14 am

    Balas

  • Tanya
    Bang mau nanya nih, ganti logo tv fujitec dan huijia. Mau midah kan kursor dari hurup ke hurup berikutnya. Tombol apa yg di tekan. itu aja makasih.

    Jawab

  • mungkin maksud anda PCB huijia mau diroba logonya menjadi fujitec gitu yach?…
    Kalau menurut aku sich PCB merek huijia itu ga’ bisa di ubah logonya, tinggal memili aja tidak sama dengan merek MASDA atau WCOM, kalau masda atau wcom untuk memindahkan kursor tekan Tombol “P.P”
  • By: Jhon on Juli25,2010
    at 5:05 pm

    Balas

  • Tanya
    PCB TV merek WCOM 14″-21″ Untuk dipasang di monitor komputer gimana caranya lek..

    Jawab

  • untuk memasang PCB TV merek apa saja di tabung motor komputer yang pertama anda cek susunan pin CRT-nya apakah sama atau tidak, kalau tidak silahkan di kasi cocok.
    Langka ke dua kalau ga’ mau repot untuk memodifikasi yoke silahkan ganti yoke (konde)
  • By: Sugandhi on Juli23,2010
    at 4:54 pm

    Balas

  • Tanya
    Bg, jika dari kop anoda keluar percikan bunga api yg berlebihan, sudah sy ganti topinya dan sy bersihkan daerah skitarnya tp msh keluar jg prcikan apinya, sy ukur tegangan catu normal 115v.
    Kira2 fbt ato bagian apanya yg rusak bg?.
    Thx

    Jawab

  • kalau tegangan B+ normal berarti bisa di pastikan flyback yang rusak (suda ada yang short)
  • By: Adit lessai on Juli22,2010
    at 9:07 pm

    Balas

  • terus berkarya tanpa batas…………..

    mas postingannya menarik banget tu ………………….

    http://mysit3.wordpress.com

    By: mysit3 on Juli11,2010
    at 9:43 pm

    Balas


  • Tinggalkan komentar

    Kategori